Sunday, July 12, 2015

10 Khasiat Menakjubkan Dari Buah Tomat


Tomat adalah salah satu buah yang identik dengan warna merah menyala. Semua orang pasti sudah tak asing dengan buah ini. Buah tomat bisa dimakan langsung maupun dimasak dan juga dapat ditambahkan ke menu masakan favorit anda. Tomat adalah salah satu jenis buah yang mana memiliki banyak kandungan seperti nutrisi. Mungkin anda baru tahu bahwa buah tomat ini punya beribu manfaat yang sangat mantab bagi tubuh kita.

Selain itu, tomat juga salah satu buah dengan harga yang murah merial jika dibandingkan dengan harga buah lainnya di pasaran. Jadi tak heran jika hampir setiap kali kita berjumpa dengan tomat di kulkas kita, karena harganya murah. Buah ini memiliki banyak vitamin seperti vitamin A, C, K, B6 kalium, thiamin, folat, niacin, magnesium, fosfor, tembaga serta rendah akan sodium, lemak jenuh, kalori bahkan kolesterol.

Lantas, apa sajakah manfaat buah tomat bagi tubuh kita? Berikut adalah khasiat menakjubkan yang terdapat pada buah tomat.

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kelebihan yang patut dibanggakan dari buah tomat adalah mampu memberikan kandungan serat bagi tubuh kita. Dengan itu, bagi siapapun yang menginginkan sistem pencernaannya lancar dan sehat, segeralah rutin mengonsumsi buah merah ini.

2. Melindungi Kulit

Hal itu disebabkan tomat memiliki banyak kandungan likopen. Kandungan tersebut dapat membantu tubuh anda terhindar dari terjadinya kerusakan jaringan kulit yang dikarenakan sinar UV oleh matahari.

3. Menguatkan Tulang

Buah tomat memiliki banyak kandungan vitamin K yang dapat mencegah terjadinya tulang keropos atau lebih dikenal dengan osteoporosis.

4. Efektif Mencegah Kanker

Jika anda ingin terhindar dari berbagai jenis kanker seperti kanker prostat, mulut, tenggorokan, lambung, usus besar, dan kanker ovarium, anda perlu rutin memakan buah tomat. Kandungan likopen di dalamnya memiliki banyak khasiat salah satunya ampuh dalam mencegah kanker.

5. Mencegah Diabetes

Kromium dalam buah tomat dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh anda. Dengan mengonsumsi tomat, tubuh anda lebih stabil dan tidak membahayakan kesehatan tubuh seperti diabetes.

6. Menajamkan Organ Penglihatan

Tomat memiliki banyak vitamin A yang mana dapat menguatkan sistem organ penglihatan tubuh kita. Selain menguatkan penglihatan, mata kita jadi lebih sehat karena jadi terhindar dari berbagai penyakit mata.

7. Memperkuat dan Memperindah Rambut

Vitamin A yang terkandung di buah tomat dapat menyehatkan mahkota kepala kita seperti memperkuat rambut dari ujung sampai akar. Sebagai tambahan, tomat juga menyehatkan mata, kulit, tulang, dan gigi.

8. Memulihkan Kerusakan Tubuh Akibat Asap Rokok

Jika anda pernah menjadi seorang perokok, anda dapat rutin mencoba mengonsumsi buah tomat, dikarenakan tomat dapat mengurangi kerusakan yang terjadi pada tubuh anda akibat asap rokok. Tomat memiliki kandungan asam p-kumarat dan klorogenat yang membantu menjaga tubuh dari karsinogen penyebab kanker yang terproduksi akibat asap rokok.

9. Menyehatkan Jantung

Vitamin B dan potasium yang terdapat di buah tomat juga efektif dalam mengurangi tingkat kolesterol dan mengecilkan tekanan darah. Maka dari itu, dengan rutin mengonsumsi tomat kita dapat terhindar dari penyakit jantung, stroke maupun penyakit jantung lainnya yang mungkin dapat berbahaya bagi tubuh kita.

10. Baik Untuk Ginjal

Secara medis sudah terbukti bahwa dengan mengonsumsi tomat, resiko kita terkena batu ginjal menjadi lebih sedikit ketimbang orang yang jarang mengonsumsi tomat.

No comments:

Post a Comment