Tuesday, July 14, 2015

7 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Tubuh Yang Mungkin Belum Anda Ketahui


Wortel adalah jenis sayuran yang sudah tak asing di telinga kita. Bentuknya memanjang dengan warna orange atau merah sudah menjadi sahabat dapur di seluruh dunia. Banyak orang mengetahui bahwa sayuran ini dikenal baik dalam menjaga kesehatan mata kita. Sehingga, dengan makan wortel secara langsung ataupun diracik sebagai rujak maupun jus dapat memberikan manfaat yang luar biasa pada tubuh kita.

Wortel termasuk sayuran yang mempunyai bermacam nutrisi dan juga vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Secara medis, wortel memiliki vitamin A yang sempurna. Vitamin A yang terdapat pada wortel memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita juga. Berikut ini adalah beberapa manfaat istimewa wortel untuk tubuh kita:

1. Menyehatkan Penglihatan

Kandungan betakaroten pada wortel akan diubah oleh hati menjadi vitamin A. Sehingga tidak mengherankan apabila dengan mengkonsumsi wortel secara rutin setiap harinya, organ penglihatan akan terjaga kesehatannya secara alami.

2. Pencegah Kanker

Wortel juga sangat efektif dalam mencegah berbagai jenis penyakit kanker yang mematikan seperti kanker paru-paru, usus besar, dan juga kanker payudara. Hal tersebut dikarenakan terdapat kandungan falcarinol dan falcarindiol pada wortel yang memiliki sifat anti kanker.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Terdapat kandungan betakaroten, lutein, dan juga alfa karoten. Kandungan ini sangat diperlukan oleh organ jantung. Zat-zat tersebut dapat membuat pengkonsumsinya terhindar dari bermacam serangan jantung dan menjaga jantung agar tetap sehat dan terjaga.

4. Menguatkan dan Menyehatkan Gigi

Peran wortel memang sangat beragam pada tubuh kita. Salah satunya adalah membantu menghilangkan plak dan juga sisa makanan yang bisa merusak gigi dan gusi kita. Itu karena wortel mempunyai kandungan mineral khusus yang mampu menghindari kita dari kerusakan gigi.

5. Mencegah Stroke Yang Ampuh

Dengan mengkonsumsi wortel maupun sayuran berwarna orange lainnya secara rutin, kita dapat terhindar dari bahaya penyakit stroke yang sangat berbahaya karena dapat mengancam kehidupan kita dalam sekejap.

6. Tampak Awet Muda

Betakaroten pada wortel memiliki khasiat tinggi yaitu mampu memperlambat penuaan sel. Dengan itu, seseorang yang rutin mengkonsumsi wortel akan tampak lebih awet muda walaupun usianya terus bertambah.

7. Membersihkan Racun Pada Tubuh

Vitamin A yang terdapat pada wortel mampu membersihkan organ usus besar, empedu, dan juga lemak yang terdapat pada organ hati kita secara alami dan efektif.

Ternyata wortel sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita. Itulah beberapa 7 manfaat wortel bagi tubuh kita yang mungkin belum anda ketahui.

1 comment: