Tuesday, July 14, 2015

8 Manfaat Luar Biasa Buah Apel Bagi Kesehatan


Apel adalah buah yang terkenal dengan warna kulit buahnya yang merah. Buah apel sudah seperti ikon dasar dari buah-buahan. Jika ditanya untuk menyebutkan salah satu nama buah-buahan, pasti terlintas di benak kita akan buah apel.

Buah ini bisa ditemukan di pasar tradisional maupun pasar modern, supermarket, serta tempat perbelanjaan lebih besar lainnya. Karena tergolong dalam buah-buahan, apel pastinya memiliki bermacam nutrisi dan manfaat yang tidak kalah penting dengan buah-buahan lainnya. Maka dari itu, mulailah rutin mengkonsumsi buah apel demi mencegah berbagai penyakit dan merawat tubuh agar tetap sehat.

Secara medis, buah-buahan memiliki nutrisi, vitamin dan juga serat yang sangat berguna bagi tubuh. Tidak heran jika masyarakat modern dewasa ini selalu menyelingi berbagai macam buah pada daftar menu harian mereka termasuk juga buah apel. Berikut adalah beberapa manfaat menakjubkan dari buah apel bagi kesehatan tubuh:

1. Menyehatkan Jantung

Dengan kandungan senyawa fenolik yang terdapat pada kulit apel, seseorang yang rutin mengkonsumsi buah apel dapat menjaga organ jantungnya agar tetap sehat. Maka dari itu, cuci dahulu buah apel sebelum dikonsumsi sebelum memakan buah apel bersamaan dengan kulitnya.

2. Mencegah Penyakit Diabetes

Kandungan serat pada buah ini dapat menghindarkan kita dari serangan penyakit diabetes. Oleh sebab itu, disarankan untuk kita agar rutin mengkonsumsi buah apel setiap harinya demi mendapatkan kesehatan tubuh yang baik.

3. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Buah apel dapat mencegah kita dari kelebihan berat badan. Hal tersebut dikarenakan buah apel kaya akan serat yang juga disarankan dalam program diet. Memiliki berat badan yang berlebihan dapat memicu datangnya berbagai penyakit seperti penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2 serta tekanan darah tinggi yang mengancam jiwa anda.

4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan bernama quercetin yang terdapat pada buah apel dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh kita. Dengan itu, kita jadi tidak mudah sakit ketika kondisi cuaca maupun iklim tidak sesuai dengan kondisi tubuh kita.

5. Mencegah Diare Dan Sembelit

Serat yang terdapat pada apel dapat melancarkan sistem pencernaan kita. Makanya, gangguan kesehatan yang berhubungan dengan sistem pencernaan seperti sembelit dan diare dapat segera diatasi.

6. Menghindari Berbagai Macam Penyakit Kanker

Apel memiliki kandungan flavonoid, yaitu komponen alami yang dapat mencegah bermacam penyakit kanker yang mungkin datang sewaktu-waktu tanpa diduga pada tubuh kita.

7. Menjernihkan Indera Penglihatan

Dengan rutin mengkonsumsi buah apel setiap harinya, resiko mengalami kerusakan pada mata menjadi semakin kecil, sekitar 10 hingga 15 persen terhindar dari penyakit katarak. Vitamin A yang terdapat pada buah apel juga sangat baik dalam menjaga mata agar tetap jernih dan sehat.

8. Memutihkan dan Menguatkan Gigi

Bukan berarti apel menggantikan peran dari sikat gigi, akan tetapi dengan menggigit dan mengunyah buah apel dapat merangsang mulut untuk memproduksi saliva. Saliva mampu mengurangi kerusakan gigi dengan membunuh bakteri di dalam mulut.

Ternyata banyak sekali khasiat dan manfaat dari buah apel. Itulah beberapa manfaat luar biasa buah apel yang berguna bagi kesehatan tubuh.

No comments:

Post a Comment