Sunday, July 12, 2015

9 Khasiat Menakjubkan Timun Yang Berguna Bagi Tubuh

Timun adalah salah satu buah yang sudah tak asing lagi di telinga masyarakat. Harganya yang relatif murah dan terjangkau sudah sering menjadi menu masyarakat Indonesia. Hampir sebagian besar jenis timun mempunyai bentuk fisik bulat memanjang dengan warna kulitnya yang hijau tua. Dagingnya memiliki warna hijau dan mempunyai biji-biji kecil didalamnya. Kandungan air yang teradpat pada timun melimpah, cocok dikonsumsi di siang hari di saat cuaca panas. Akan tetapi, timun memiiki banyak khasiat yang menakjubkan bagi tubuh kita. 

Timun atau kadang disebut sebagai mentimun sudah akrab dijadikan konsumsi sehari-hari. Hampir sebagian rumah makan yang tersebar di Indonesia menyediakan jenis sayuran ini. Tapi, jangan bosan dengan mentimun, karena timun memiliki banyak nutrisi yang mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa khasiat menakjubkan dari timun yang berguna bagi tubuh kita.

1. Penghilang Racun di Tubuh

Kandungan air yang terdapat di timun hampir 95 persennya memiliki efek penghilang racun yang dikeluarkan melalui urine maupun keringat yang kita keluarkan lewat aktivitas kita sehari-hari.

2. Mencegah Kanker

Kanker dapat dicegah dengan cara mengonsumsi mentimun karena sayuran ini mengandung lignin, berfungsi untuk mencegah beragam jenis kanker yang mengancam hidup seperti kanker-kanker genital sekalipun.

3. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Kandungan vitamin C yang terdapat pada timun memiliki kemampuan untuk membantu mempertahankan kondisi tubuh agar tidak mudah terkena penyakit akibat dari perubahan cuaca dan lain sebagainya.

4. Mencegah Sembelit

Air yang terkandung di dalam timun membantu menyehatkan organ pencernaan dan juga membantu melancarkan pembuangan air besar termasuk mengatasi sembelit yang mungkin kita alami.

5. Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan kalium, magnesium, serat yang terdapat pada mentimun juga efektif dalam mengobati tekanan darah tinggi ataupun tekanan darah rendah yang acap kali dialami oleh sebagian orang.

6. Mengurangai Kadar Kolesterol Jahat Dalam Darah

Hal tersebut dikarenakan timun memiliki senyama yang bernama sterol, sebuah senyawa yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat yang mungkin membahayakan kesehatan tubuh anda.

7. Obat Diabetes

Timun juga merupakan obat alami bagi penderita diabetes. Timun memiliki kandungan hormon yang berperan memproduksi insulin pada sel-sel organ pankreas yang kita miliki, sehingga dapat menghilangkan penyakit diabetes.

8. Kesehatan Kulit Dan Rambut

Kita juga bisa menggunakan timun untuk perawatan kulit. Letakkan irisan mentimun dan letakkan tepat di atas kelopak mata. Selain itu, silikon dan sulfur yang terdapat pada mentimun membantu menstimulasi pertumbuhan rambut.

9. Menghilangkan Bau Mulut

Timun memiliki kandungan phyctochemical, sejenis bahan kimia alami yang terkandung pada tumbuhan dan memberi vitamin pada makanan. Ambil sepotong mentimun dan letakkan pada langit-langit mulut anda selama 30 detik, phyctochemical yang terdapat pada mentimun akan membunuh bakteria yang terdapat pada mulut penyebab bau mulut. 

No comments:

Post a Comment