Friday, July 24, 2015

8 Manfaat Penting Madu Bagi Kesehatan Tubuh

khasiat madu

Madu bukan termasuk buah maupun sayuran, melainkan termasuk cairan kental berwarna kuning yang dihasilkan lebah melalui nektar bunga. Madu ini tentunya disukai oleh banyak kalangan, baik anak, remaja, maupun dewasa. Hal tersebut dikarenakan madu memiliki banyak khasiat yang berguna bagi tubuh, terutama kesehatan.

Khasiat madu sudah lama dimanfaatkan oleh orang-orang dahulu, salah satunya oleh filsuf terkemuka Aristotle dari Yunani. Madu terkenal sebagai makanan obat pada zamannya. Apa sajakah khasiat yang terdapat pada madu? Silakan simak beberapa manfaat istimewa madu untuk kesehatan.

1.  Menjaga Kulit Bagian Luar

Tahukah anda jika madu dapat berguna bagi kecantikan. Madu dapat mengatasi problem kulit seperti jerawat, bintik hitam, kulit kusam, kering, dan masih banyak lagi. Caranya adalah dengan mengoleskan madu ke permukaan kulit yang bermasalah.

2. Obat Batuk Mujarab

Madu sudah menjadi alternatif penyembuhan batuk yang membanggakan selama berabad-abad. Secara medis, madu dapat bekerja sebagai dextromethorpan, sebuah resep khusus penyembuh penyakit batuk.

3. Melancarkan Saluran Pencernaan

Madu dapat membantu anda menjaga saluran pencernaan. Dengan rutin meminum susu dicampur dua sendok madu, saluran pencernaan anda akan lebih terjaga dan lebih sehat.

4. Mengobati Luka Luar

Bukan hanya mengobati penyakit dalam, madu juga dapat mencegah luka luar seperti luka bakar dari serangan bakteri. Selain itu, madu dapat menyembuhkan lebam di kulit seperti akibat disengat lebah.

5. Suplemen Energi Yang Baik

Madu dapat memberikan tambahan energi bagi tubuh anda. Tubuh yang lelah akan lebih bertenaga dengan meminum teh madu tanpa gula. Hal tersebut dikarenakan terdapat karbohidrat yang berlimpah pada madu. Terdapat juga glukosa pada tubuh yang dapat mendongkrak energi anda menjadi lebih energik secara tiba-tiba ketika merasa lelah.

6. Mengatasi Susah Tidur

Seperti yang sudah disebutkan, madu memiliki kandungan dextromethorpan. Kandungan ini dapat mengentengkan penyakit insomnia yang mungkin anda alami. 

7. Meningkatkan Kinerja Otak

Madu dapat meningkatkan kualitas kinerja otak anda. Madu memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu mencegah dari terjadinya kerusakan sel otak dan juga mencegah mudah lupa.

8. Mencegah Rambut Rontok

Madu juga dapat memberikan perawatan terhadap rambut. Salah satunya adalah menjaga rambut anda dari kerontokan ataupun kebotakan. Caranya satu sendok madu dapat dicampur dengan minyak zaitun dan satu sendok teh bubuk kayu manis, kemudian digunakan untuk berkeramas selama 10 hingga 20 menit. Gunakan secara rutin agar rambut anda sehat alami.

Ternyata madu sangat berguna dan berkhasiat bagi manusia. Mulai sekarang rutinlah mengonsumsi madu agar tubuh kita tetap sehat dan terjaga dari penyakit-penyakit yang dapat dicegahnya.

No comments:

Post a Comment