Wednesday, July 15, 2015

7 Alasan Cerdas Mengapa Popeye Makan Sayur Bayam

Popeye adalah karakter kartun klasik yang hobi memakan bayam. Dengan sayur bayam itu dia memperoleh kekuatan yang melambangkan betapa banyaknya khasiat yang dimiliki sayur bayam.

Bayam adalah salah satu sayuran yang memiliki vitamin berlimpah. Bayam sudah tidak asing lagi di Indonesia dengan daunnya yang berwarna hijau dan lebar. Batangnya tidak terlalu tinggi, tapi menjadi salah satu karakteristik dari bayam itu sendiri. Harganya juga relatif terjangkau dan dapat ditemui di berbagai pasar tradisional maupun pasar modern. Bayam memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita, apa saja manfaat bayam?

Bayam mengandung bermacam nutrisi yang diperlukan bagi tubuh seperti vitamin A, vitamin K, folat, magnesium, mangan, kalsium, protein dan sedikit kalori. Nutrisi yang terkandung didalamnya membuat bayam termasuk makanan dengan nutrisi yang komplit. Ini dia beberapa manfaat dan kegunaan bayam bagi kesehatan tubuh kita:

1. Mencegah dari Kanker

Kanker termasuk salah satu penyakit paling mengerikan di dunia karena berdampak besar pada kematian. Namun, dengan rutin mengkonsumsi bayam, penyakit kanker tersebut dapat dicegah dan diantisipasi. Terdapat kandungan flavonoid yang mampu mencegah penyakit kanker termasuk kanker payudara, kanker prostat, dan penyakit kanker lainnya.

2. Makanan Untuk Kesehatan Jantung

Gaya hidup yang tak sehat dapat memicu timbulnya penyakit jantung salah satunya penyakit jantung koroner. Selain diimbangi dengan gaya hidup yang baik dengan berolahraga, rutin mengkonsumsi sayuran seperti bayam dapat mencegah kita dari terkena serangan penyakit jantung.

3. Meningkatkan Kualitas Otak

Kemampuan otak kita lambat laun menurun seiring umur kita yang terus menua. Tetapi, kandungan nutrisi yang terpendam dalam sayuran hijau ini mampu mendongkrak dan menaikkan kemampuan otak kita agar tetap terjaga dari efek signifikan yang disebabkan penuaan.

4.Menyehatkan Organ Penglihatan

Vitamin A dan senyawa lutein terdapat pada sayuran bayam. Dengan kandungan nutrisi ini, organ penglihatan kita dapat terjaga kesehatannya dan terhindar dari penyakit mata seperti katarak dan sebagainya, asalkan kita rutin mengkonsumsi sayuran bayam.

5. Melancarkan Organ Pencernaan

Terdapat kandungan serat yang berlimpah pada sayuran bayam. Kandungan ini sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita khususnya dalam melancarkan dan menyehatkan organ pencernaan akibat gangguan virus maupun bakteri yang menyerang tubuh kita.

6. Menyehatkan Tulang dan Sendi

Kalsium dan magnesium memang ampuh dalam memperkuat tulang dan persendian. Untungnya kedua komponen tersebut ada pada sayuran hijau yang bernama bayam ini. Dengan rutin mengkonsumsi bayam, kita dapat terhindar dari penyakit tulang keropos atau dikenal dengan sebutan osteoporosis.

7. Agar Tubuh Tidak Cepat Lelah

Inilah salah satu alasan mengapa karakter pada kartun Popeye memakan sayur bayam. Hal itu dikarenakan bayam mengandung zat besi yang tinggi, membuat tubuh kita lebih fit dan berenergi dalam melakukan rutinitas.

Ternyata banyak sekali khasiat dan manfaat dari sayur bayam. Itulah beberapa 7 alasan cerdas mengapa Popeye memakan sayur bayam.


No comments:

Post a Comment