Monday, July 13, 2015

7 Manfaat Istimewa Buah Pepaya Bagi Kesehatan


Pepaya adalah buah yang punya manfaat menakjubkan bagi kesehatan tubuh kita. Buah ini bisa ditemukan di areal pedesaan ataupun di pasar tradisional maupun pasar modern. Harga pepaya yang terjangkau membuat buah ini menjadi favorit semua kalangan orang di penjuru dunia. Buah ini memiliki kelezatan yang tidak diragukan lagi. Tekstur daging buah pepaya memiliki kelembutan dan juga rasa yang manis, bahkan anak kecil suka dengan buah berwarna orange satu ini. Buah pepaya mempunyai khasiat yang luar biasa bagi tubuh kita, apakah keistimewaan dari pepaya bagi kesehatan tubuh?

Buah pepaya dalam bahasa jawa dikenal dengan sebutan 'kates' atau 'gandul'. Buah ini mudah ditemukan di daerah tropis di asia tenggara. Hampir sebagian besar buah ini memiliki bentuk yang lonjong dan memanjang hingga 20 inci.

Berhubungan dengan kandungan gizi yang terdapat pada pepaya, yaitu vitamin A, K, C, E, potassium, folat, dan beberapa kandungan nutrisi lainnya dapat berguna bagi tubuh kita yang mengkonsumsinya. Berikut ini adalah beberapa kehebatan manfaat dari buah pepaya bagi tubuh kita:

1. Menangkal Penyakit Jantung

Mempunyai jantung yang sehat adalah dambaan semua orang. Dengan cara rutin mengkonsumsi buah pepaya, jantung anda akan lebih sehat dan terhindar dari berbagai resiko penyakit jantung.

2. Memperlancar Organ Pencernaan

Sistem pencernaan pada tubuh mempunyai peranan yang penting dalam mengelola berbagai nutrisi makanan ke seluruh organ tubuh. Kandungan serat yang terdapat pada buah pepaya seperti vitamin A, C, E, dan beta-karoten juga berguna dalam menyehatkan organ pencernaan dan sanggup meminimalisasi penyakit kanker yang mungkin dapat menyerang usus besar.

3. Penglihatan Yang Sehat

Hingga saat ini, wortel dipercaya menjadi makanan terbaik dalam menunjang kesehatan penglihatan kita. Akan tetapi, secara medis, pepaya juga memiliki peranan yang baik dalam membantu menyehatkan penglihatan mata kita. Hal tersebut dikarenakan pepaya mempunyai kandungan vitamin A yang cukup tinggi.

4. Pencegah Kanker Prostat Pada Pria

Untuk kaum pria agar tercegah dari penyakit kanker prostat, anda dapat mencoba untuk mengkonsumsi buah pepaya ini. Buah pepaya memiliki kandungan likopen yang baik bagi tubuh dalam mencegah penyakit kanker prostat bagi pria.

5. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Dengan kandungan vitamin C yang relatif tinggi yang terdapat di dalam buah pepaya, sistem kekebalan tubuh dapat terjaga dan ditingkatkan. Makanya, tubuh tidak akan gampang terkena penyakit walaupun kondisi cuaca dan iklimnya kurang baik bagi kesehatan.

6. Memperlancar Buang Air Besar

Dengan rutin mengkonsumsi buah pepaya sehari-hari, seseorang dapat terhindar dari berbagai penyakit seperti sembelit maupun susah buang air besar yang mungkin dijumpai oleh penderitanya.

7. Melindungi Dari Radikal Bebas

Udara yang kita hirup sudah tercemar oleh bermacam zat radikal bebas yang dapat membahayakan kesehatan tubuh penghirupnya. Buah pepaya dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh jika rutin dikonsumsi.

Ternyata buah pepaya sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita. Itulah beberapa manfaat istimewa dari buah pepaya bagi tubuh kita yang mungkin belum anda ketahui.

No comments:

Post a Comment