Saturday, July 11, 2015

Cara Menjaga Hati Agar Tetap Senang, Bahagia, dan Gembira

Senang, Bahagia, Gembira

Ada banyak tips dalam membahagiakan diri sendiri, menjaga hati agar tetap riang gembira. Sebenarnya cukup mudah dan sederhana. Kebahagiaan adalah sumber dari hakekat hidup dan pencipta tubuh yang bergelora akan semangat. Dengan hati yang bahagia, anda akan merasa lebih sukses dalam menjalani hidup, karena sebagian besar orang berpendapat bahwa sukses adalah bahagia dalam menjalani kehidupan.

Beberapa hal simpel dibawah ini akan membuat anda tetap bahagia dan gembira. Tapi ingat, hal berikut hanya dapat dirasakan jika anda benar-benar sadar akan nikmat yang melekat pada diri anda.

1. Tersenyum 

Dengan tersenyum tulus, anda akan merasakan nikmatnya sebuah senyuman. Bersyukur di pagi hari ketika bangun tidur akan membuat anda merasa percaya diri dan bahagia. Sempatkan diri anda untuk bersyukur minimal 1 menit saja pada diri anda. Pikirkan angerah yang paling membuat anda bahagia, kemudian panjatkan syukur kepada-Nya, niscaya anda akan tersenyum dengan tulus dan memperoleh sebuah kebahagiaan.

Mood juga dipengaruhi oleh wajah yang selalu ceria. Jika anda membiasakan tersenyum seharian, anda akan merasa semangat dalam menjalani segala aktifitas. Meskipun banyak problematika dan masalah yang berdatangan, senyuman ceria di wajah mampu mengalahkan segala rintangan yang menghadang karena senyuman mendatangkan rasa percaya diri.

2. Bangun pagi

Percaya atau tidak, dengan bangun lebih awal anda akan memperoleh mood yang baik. Apalagi jika anda harus pergi berangkat ke sekolah atau kantor. Bangun kesiangan di pagi hari dapat mencederai mood anda. Perasaan was-was menunggu kendaraan lewat, naik kendaraan dan mendapati kemacetan, hingga harus berlari akan keterlambatan yang menghantui dapat membuat anda gelisah dan tidak bahagia.

Upayakan bangun sedikit lebih awal supaya anda bisa mempersiapkan diri dengan menjalani hari-hari yang menyenangkan. Bangun tidur, mandi dengan perasaan gembira, sarapan, kemudian melakukan aktivitas. Perasaan sunyi ketika orang lain masih tertidur dan anda menjalani rutinitas dapat menenangkan hati anda sejenak dan anda seolah bilang "Aku siap untuk menjalani hari ini dengan gembira".

3. Istirahat yang cukup

Menurut medis, tidur minimal 8 jam sehari dan hal tersebut dapat menaikkan mood. Tidur secukupnya juga dapat mempengaruhi kesehatan dan meningkatkan konsentrasi dalam belajar. Pastikan tempat tidur anda juga nyaman. Ketika hendak tidur, sebisa mungkin jauhkan alat elektronik supaya memperoleh tidur yang berkualitas. Jangan lupa gunakan kasur dan bantal yang nyaman agar memperoleh tidur yang lebih nyenyak.

Seusai tidur dan terbangun, rapikan tempat tidur anda sebelum menjalani rutinitas. Ketika tubuh lelah sehabis beraktivitas, melihat kamar dalam keadaan berantakan dapat membuat hati menjadi tidak enak. Tetapi bila keadaan kamar rapih dan tertata, anda tentu akan merasa lebih tenang ketimbang melihat kamar berantakan. Mungkin rutinitas seperti ini sulit untuk dibiasakan, tapi jika sudah dilakukan secara berkala, anda akan merasakan pengaruh positif dari rutinitas anda. Apalagi jika anda adalah seorang laki-laki yang notabene malas untuk merapikan tempat tidur.

4. Melakukan Hobi

Sempatkan diri anda setidaknya 20 menit untuk melakukan pekerjaan yang paling anda sukai seperti menonton film, bermain game, atau hobi apapun yang dapat meningkatkan semangat hidup anda. Selain itu, dengan menggali potensi dan keterampilan, hati anda jadi akan lebih bernuansa positif.

5. Tidak Mengeluh

Kebiasaan yang dapat mengotori hati adalah mengeluh. Dengan melihat hal negatif dari suatu perkara, dia akan lupa untuk bersyukur. Padahal banyak hal positif yang samar tidak disadari. Selalu ada hitam di atas putih, begitupun sebaliknya. Selalu ada kebaikan dibalik keburukkan, hal itu tergantung bagaimana kita menyukurinya.

Bukan anda saja yang akan terkotori suasana hatinya ketika mengeluh, bahkan orang di sekitar anda pun juga merasakan dampaknya. Anda secara tak sadar ikut mengotori lingkungan sekitar anda dengan pengaruh negatif. Fokus pada hal-hal baik saja meskipun masalah bertumpuk-tumpuk di hadapan anda. Tantanglah diri anda sehari saja untuk tidak mengeluh, jika tidak dapat melakukannya, tantang diri anda untuk tidak mengeluh selama satu jam. Jika anda berhasil, lakukan secara berturut dari jam ke jam, kemudian rasakan perbedaan pada diri anda.

6. Teman dan keluarga

Obat paling manjur yang dapat membahagiakan anda adalah teman dan keluarga anda. Jangan lupa menyediakan waktu untuk sekedar berkomunikasi, bergurau dengan sahabat dan keluarga anda. Dirikan hubungan yang baik dan berkualitas dengan keluarga atau teman dekat anda. Rasa percaya diri dapat tumbuh karena perasaan memiliki sahabat dan keluarga.
Jangan datangi mereka di saat anda sedang sedih saja. Pada saat bahagia pun ajak mereka untuk merasakan kegembiraan anda. Sekarang sudah zaman canggih akan teknologi, anda dapat menigirmi pesan lewat telepon, media sosial atau layanan komunikasi lainnya hanya sekedar untuk menanyakan kabar dan bercanda gurau jika tak sempat untuk bertemu.

7. Kata-kata positif

Mendengar kata-kata positif membantu kita dalam memperoleh mood yang baik. Bedakan jika yang kita dengarkan hanyalah kata-kata yang membuat kita pesimis seperti 'kau tidak bakal bisa' atau kata persuasif yang menjerumuskan anda kedalam ketakutan dalam melakukan sesuatu. Begitupun sebaliknya, memberikan kata positif kepada seseorang juga menebarkan mood baik bagi diri anda sendiri. 

Pujilah seseorang, teman maupun keluarga jika mereka melakukan hal baik atau berterimakasih saat mereka berbuat baik kepada anda. Meskipun hanya sekedar gaya rambut baru atau mendapat pekerjaan baru, ataupun lainnya, usahakan untuk memberikan pujian kepada mereka. Kebahagiaan yang dirasakan oleh orang yang kita puji dapat menjalar ke hati kita dan anda juga akan merasakan nikmatnya sebuah kemesraan hidup. Tapi dalam memberikan pujian usahakan pada saat yang tepat.

Selain itu, jika anda punya kekasih, jangan malu untuk mengungkapkan perasaan sayang anda kepadanya. Namun jangan hanya mengumbar cinta kepada kekasih saja, anda perlu memberikan santunan kepada teman dan keluarga anda agar tercipta kehidupan yang harmonis.

Jika anda malu untuk mengungkapkan, tunjukkan rasa perhatian anda dengan cara membuat dia bahagia dan tersenyum, dan percayalah anda akan ikut hanyut dalam kebahagiaan tersebut. Tapi ingat, selalu berpikir positif dan jadikan hal-hal negatif sebaga bebatuan yang membangun jiwa yang kuat. 

8. Menabung

Meskipun hanya sedikit, sempatkan untuk rutin menabung setiap bulannya. Upayakan secara periodik lama kelamaan akan membantu anda dalam mewujudkan mimpi seperti berlibur atau membeli sesuatu yang anda inginkan. Setiap manusia pasti memiliki mimpi yang ingin diwujudkan.

9. Menjaga Kesehatan

Dengan makan makanan yang sehat, berlibur untuk mengurangi stres dan juga olahraga dapat memengaruhi suasana hati kita. Sempatkan waktu setidaknya setengah jam untuk melakukan aktivitas olahraga ringan seperti push-up, melakukan meditasi, atau olahraga apapun yang kiranya anda mampu dan anda sukai. Jauhkan makanan yang mengandung santan dan menimbulkan penyakit bagi anda. Sebisa mungkin mengonsumsi vitamin yang cukup agar daya tubuh anda kuat.

Kurangi juga mengonsumsi kopi dan alkohol. Sebagai gantinya, konsumsi air putih atau minuman segar lainnya, asalkan menyehatkan dan menenangkan pikiran anda. Buang juga kebiasaan-kebiasaan yang berdampak buruk bagi kesehatan anda seprti merokok dan begadang. Kurangi konsumsi kafein dan alkohol. Ganti dengan rajin meminum air putih yang cukup agar tubuh tetap segar. Lakukan perubahan tersebut secara berkala dan rasakan perubahannya.

Itu dia beberapa cara sederhana namun efektif agar anda tetap senang bahagia dan gembira. Selain anda memperoleh kebahagiaan jasmani dan rohani, anda juga akan mencapai hidup yang berkualitas. Bagaimanapun juga, hidup adalah untuk mencapai kebahagiaan jasmani dan rohani.

No comments:

Post a Comment