Sunday, July 12, 2015

10 Khasiat Menakjubkan Semangka Bagi Kesehatan Tubuh

Semangka adalah salah satu buah berair dan sebagian besar dari buahnya memiliki warna merah menyala. Buah yang satu ini memang cocok dikonsumsi pada saat cuaca panas atau di saat matahari terik di siang hari karena buahnya segar. Selain itu, kandungan semangka sebagian besar tepatnya 92% terdiri dari air dan 8% adalah gula.


Di samping pengganti penyegar dan pelarut dahaga, terdapat beragam manfaat dari buah semangka yang dapat berguna bagi tubuh kita. Salah satunya warna merah pada buah semangka menandakan bahwa buah tersebut memiliki banyak sekali nutrisi, mineral, kalium, betakaroten, dan juga vitamin C, adapun terdapat serat yang berguna bagi tubuh kita. Jadi, sempatkan mulai sekarang untuk menyediakan semangka sebagai menu buah-buahan harian anda.

Lantas, seperti apakah manfaat-manfaat dari semangka bagi kesehatan tubuh kita?

1. Menyehatkan Jantung

Buah semangka juga memiliki kandungan likopen. Likopen yang terdapat dalam buah semangka memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan organ jantung yang kita miliki. Likopen adalah karotenoid yang paling umum di dalam tubuh manusia. Likopen dikenal memiliki khasiat antioksidan kuat.

2. Menyehatkan Mata

Benar sekali, ini disebabkan buah semangkan memiliki kandungan betakaroten yang nantinya diubah menjadi vitamin A pada saat dicerna di dalam tubuh. Vitamin A adalah vitamin yang dapat menyehatkan organ penginderaan yaitu mata kita.

3. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Buah ini juga menjadi gudangnya vitamin C. Vitamin C juga berfungsi meningkatkan imun tubuh kita. Maka dari itu, tubuh tidak akan gampang terkena penyakit pada saat cuaca kurang baik atau karena pancaroba.

4. Perlindungan Dari Radikal Bebas

Adanya asap industrial seperti pabrik, kendaraan bermotor, atau polusi udara lainnya yang terhirup oleh kita bisa menibulkan masuknya radikal bebas yang dapat mencederai kesehatan tubuh kita. Semangka juga memiliki kandungan senyawa karotenoid, yaitu dapat menetralisir radikal bebas dari asap-asap kotor yang terhirup kedalam tubuh kita.

5. Menyehatkan Tulang

Hal tersebut diakibatkan semangka memiliki kandungan kalium. Kandungan tersebut memiliki manfaat seperti membantu mempertahankan kalsium yang ada pada tubuh, sehingga tulang dan persendian dapat lebih sehat dan kuat sepanjang waktu. 

6. Menjaga Organ Ginjal

Mengkonsumsi buah semangka dapat meningkatkan aliran urine. Dengan lancarnya aliran tersebut, kesehatan organ ginjal tubuh kita juga akan terjaga dan tidak mudah terserang penyakit.

7. Mengurangi Lemak

Buah ini memiliki banyak sekali kandungan citruline, yaitu senyawa yang berperan dalam mengurangi lemak berlebih yang terdapat pada tubuh manusia.

8. Kecantikan

Adapun disamping memiliki khasiat bagi organ dalam tubuh, semangka juga dapat digunakan sebagai perawatan kulit. Salah satu faktanya adalah ketika kita memiliki kulit yang kering, semangka dapat menjadi alternatif yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Hal itu dikarenakan buah ini memiliki banyak kandungan air yang dapat berhidrasi secara cepat.

9. Pencegah Kanker

Likopen yang terdapat pada semangka bukan hanya dapat mencegah penyakit jantung, tapi dapat melawan kanker. Kandungan ini dapat mencegah dari berbagai serangan kanker seperti kanker prostat, kanker payudara, termasuk paru-paru dan juga usus besar.

10. Pencegah Disfungsi Ereksi

Tahukah anda bahwa semangka juga memiliki kandungan citruline yang mampu memproduksi nitrit oksida. Nitrit oksida ini bukan hanya mampu merelaksasi pembuluh darah, mengecilkan tekanan darah, tapi juga merupakan salah satu komponen dari Viagra, berguna untuk mencegah disfungsi ereksi.

No comments:

Post a Comment