Monday, July 13, 2015

9 Khasiat Menakjubkan Jambu Biji Bagi Kesehatan

Jambu Biji adalah buah-buahan yang sudah kita kenal secara dekat. Secara geometri, buah jambu biji berbentuk bulat berwarna hijau dan memiliki daging buah berwarna putih atau merah di dalamnya. Walaupun jambu biji menyimpan beragam khasiat yang menakjubkan, tapi belum banyak orang mengetahui akan khasiat tersebut.
Sebagian besar kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh ada pada buah jambu ini, yaitu kandungan vitamin, serat, protein, dan juga mineral. Salah satu buah yang disarankan untuk dikonsumsi setiap harinya adalah buah jambu biji. 
Jambu biji memiliki nutrisi yang kaya dan mudah ditemukan di tanah air Indonesia. Berikut beberapa khasiat menakjubkan dari jambu biji untuk kesehatan tubuh anda.

1. Nutrisi Mata

Kandungan vitamin A yang terdapat pada jambu biji membantu menyehatkan mata kita dan juga mencegah dari segala gangguan mata seperti rabun, katarak dan degenerasi makula, yaitu penurunan penglihatan ketika umur menginjak lansia.

2. Mencegah Kanker

Jambu biji mempunyai antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Likopen yang terdapat di dalamnya memiliki manfaat dalam mengurangi resiko terserang kanker seperti kanker prostat, kanker payudara, dan kanker mulut. Jambu biji akan menghambat pertumbuhan serta metafisis sel kanker yang membahayakan tersebut.

3. Penurun Berat Badan

Jambu biji sudah terbukti mampu menurunkan berat badan. Jambu biji memiliki sifat mengenyangkan perut lebih lama dan juga jambu biji termasuk asupan kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita. Dengan rendahnya kolesterol dan karbohidrat, jambu biji menjadi salah satu solusi dari program diet yang tepat bagi kita.

4. Penghindar Diabetes

Dengan rutin mengkonsumsi jambu biji secara berkala, kita dapat terhindar dari serangan penyakit diabetes tipe dua. Jambu biji juga sangat baik bagi pengidap diabetes. Sumber serat yang terkandung dalam jambu biji dapat membantu mengatur penyerapan gula di dalam tubuh kita.

5. Penangkal Hipertensi

Manfaat menakjubkan lainnya dari jambu biji adalah mampu mengurangi resiko terkena tekanan darah tinggi atau sering disebut dengan hipertensi. Kandungan sumber serat pada jambu biji dapat mengurangi kadar kolesterol jahat yang terdapat pada darah dan meningkatkan sirkulasi darah di pembuluh darah yang pada akhirnya dapat mencegah dari serangan hipertensi.

6. Mencerdaskan Otak

Kandungan vitamin B3 (niasin) dan juga B6 yang terdapat pada jambu biji membantu kita dalam meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh organ tubuh termasuk otak. Maka dari itu, jambu biji menjadi salah satu pilihan yang bisa dipertimbangkan untuk meningkatkan kemampuan otak termasuk ketajaman dalam berpikir.

7. Penangkal Sembelit

Sulit buang air besar memang menyebalkan, tapi jambu biji memiliki kandungan serat yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan juga ekskresi. Dengan itu, mengkonsumsi jambu biji dapat memudahkan proses pembuangan air besar dan menjauhkan dari sembelit.

8. Mengatasi Batuk dan Flu

Daun jambu biji yang dimakan mentah atau buah yang masih mentah yang dibuat jus dipercaya secara turun temurun sebagai obat mengatasi batuk dan flu. Ramuan tersebut bekerja dengan cara mengurangi pembentukan lendir serta membuat saluran pernapasan bebas infeksi. Buah jambu biji juga kaya akan vitamin C dan zat besi yang efektif untuk menghambat infeksi virus flu. Oleh karena itu, penyakit batuk maupun flu dapat diatasi dengan jambu biji.

9. Merawat kulit

Kandungan astringet pada jambu biji dapat meningkatkan tekstur kulit dan mengencangkan kulit yang mulai kendur. Bukan hanya itu, jambu biji juga memiliki vitamin A, C dan potasium yang bertindak sebagai antioksidan. Nutrisi ini akan membantu proses detoksifikasi dan menjaga kulit tetap sehat serta bebas keriput.

1 comment:

  1. Untungnya di sekolahanku menanam jambu biji ini, jadi saya sangat mudah mendapatkannya alami langsung petik. Terimakasih postingannya sangat berharga.

    ReplyDelete